Bupati dan DPRD Karo Hadiri Sidang Gugatan Dana Hibah

moralsitepu, 27 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KARO - Sidang lanjutan gugatan perdata dana hibah oleh Pemda Karo (tergugat 1) ke instansi vertikal, dihadiri Bupati Karo, Terkelin Brahmana di Pengadilan Negeri Kabanjahe, Rabu (26/02/2020).

Pantauan wartawan, Bupati tampak didampingi  Kadis PPKAD Andreasta Tarigan, Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kabag Hukum & HAM setdakab Karo Monika Meytrisna Purba.

Juga, (Tergugat II) DPRD Kabupaten Karo, dihadiri Wakil ketua Dewan David Kristian Sitepu, didampingi Sekretaris Dewan Petrus Ginting.

Usai sidang mediasi, Ikuten Sitepu  didampingi kuasa hukumnya, Ronald Abdi Negara Sitepu selaku penggugat membeberkan hasil Sidang mediasi perdata dengan register No:12/Pdt.G/2020/PN.Kbj kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya ikuten, pada sidang mediasi itu dipimpin hakim mediator Sanjaya Sembiring dari hakim PN Kabanjahe dengan mempersilahkan pihak tergugat satu dan tergugat dua  menyampaikan jawaban atau pernyataannya atas gugatan yang disampaikan penggugat atau kuasa hukumnya pada sidang berikutnya.

Dijelaskan, Hakim Mediator menginstruksikan para pihak menyampaikan resume yang akan menentukan hasil, berhasil atau tidak berhasil mediasi itu

"Dalam agenda berikutnya (minggu depan) hakim mediator menginstruksikan para pihak menyampaikan resume. Nanti dari hasil resume itu menentukan berhasil atau tidak berhasilnya mediasi itu," jelas Ikuten.

Dirinya juga menjelaskan dalam sidang mediasi itu ada hal-hal yang diakui Pemda Karo terkait pemberian hibah kepada Polres Karo dan jawaban yang disampaikan Pihak tergugat I dalam urusan wajib Pemerintah yang terabaikan.

"Saya lihat didalam mediasi tadi ada hal-hal yang diakui oleh pihak tergugat I (Kabupaten Karo) terkait pemberian hibah secara terus kepada Polres Karo, kemudian adanya jawaban urusan wajib Pemerintah Karo yang terabaikan," imbuh Sitepu.

Sementara, lanjut Ikuten Sitepu, Tergugat II hanya menyampaikan bahwa dia sudah melakukan tugasnya selaku Lembaga DPRD untuk membuat Produk Undang-Undang atau Peraturan.

Wakil Ketua DPRD Karo David Kristian Sitepu selaku tergugat II membenarkan penjelasan ikuten sitepu. "Terkait itu, sebelumnya sudah dibahas dan disepakati bersama ekskutif dan anggota DPRD periode sebelumnya," tegas David.

Terpisah, Kabag Hukum & HAM Setdakab Karo Monika Meytrisna Purba, menjelaskan  dalam sidang mediator meminta supaya Penggugat menjelaskan alasan gugatan dan langsung ke pokok perkara, kemudian para Tergugat dipersilahkan untuk menanggapi, katanya. 

"Setelah beberapa kali terjadi  pembicaraan atau komunikasi antara Penggugat dan Para Tergugat,  mediator menyarankan agar para pihak membuat Resume yg disampaikan pada persidangan berikutnya. Persidangan berikutnya dijadwalkan pada hari Rabu tgl 4 Maret pukul 10.00 WIB," tandas Monika. (Moral Sitepu)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu